Langsung ke konten utama

Mengenal Jenis Kabel Listrik dari bahan Isolatornya


Banyak jenis kabel listrik beredar dan ditawarkan dengan beragam spesifikasi. Nah tahukah Anda, berdasarkan penggunaan isolator kita dapat mengenali beberapa diantaranya ?

Dua bagian penting dalam kabel adalah isolator (bahan yang dapat meredam arus listrik) dan konduktor (bahan yang dapat menghantarkan arus listrik). Keduanya kerap disusun sedemikian rupa, sehingga dipat kebutuhan kabel dengan kemampuan hantar arus tertentu.

Hal ini yang juga pada akhirnya membedakan jenis kabel listrik bertegangan rendah, sedang atau tinggi. Nah untuk mengetahui beberapa jenis kabel, ada beberapa cara. Salah satunya cara penyusunan bahan isolator.

Berikut beberapa jenis kabel yang dibedakan berdasarkan penyusunan bahan isolator :

Jenis Kabel Listrik NYA

jenis kabel listrik NYY
Jenis kabel listrik ini didesain sangat sederhana untuk kebutuhan berskala kecil. Atau untuk keperluan 400 – 600 Volt. Jenis kabel ini memiliki satu core bahan konduktor dengan satu selongsong bahan isolator terbuat dari bahan PVC yang terskstruksi.

Jenis kabel ini sangat rentan mengalami gangguan dan disarankan untuk penggunaak aliran listrik dalam skala kecil. Seperti instalasi dalam rumah, diruangan kering. Konduktor jenis kabel ini berupa kawat tembaga utuh satu core.

Jenis Kabel Listrik NYM

jenis kabel listrik NYM
Seperti NYA, jenis kabel listrik ini juga cocok untuk instalasi kabel rumah. Bahan isolator kabel ini terbuat dari bahan PVC yang terekstruksi. Jenis kabel ini memiliki lebih dari satu core, dengan dua bahan isolator (Bagian utama dan bagian pembungkus rangkaian).

Jenis kabel ini digunakan untuk arus listrik antara 230 hingga 300 V. Untuk prosedur pemasangan, kabel cocok untuk saluran dalam rumah, tempat kering dan gunakan pipa tambahan jika harus dilakukan instalasi diluar ruangan. Atau saat digunakan di tembok, gunakan plester tambahan dan kayu untuk proses instalasi maksimal.

Kabel Listrik NYY

jenis kabel listrik NYY
NYY adalah jenis kabel listrik yang menggunakan bahan isolator PVC terekstruksi, namun dengan sifat lebih tangguh. Produk ini memiliki lebih dari satu core, dengan bahan pembungkus utama dan pembungkus rangkaian kabel.

Kabel jenis ini digunakan untuk arus listrik besaran antara 0.6 - 1.2 kV. Cocok untuk instalasi jaringan arus listrik didalam rumah, hingga kebutuhan industri.

Jenis Kabel NYFGbY

jenis kabel listrik NYFGbY
Adalah jenis kabel listrik dengan bahan isolator dari PVC terekstruksi dengan rangkaian lebih komplek. Karena juga disertai kawat baja bagai pelindung bahan utama konduktor dalam mengalirkan arus listrik.

Kemampuan sifat isolator kabel listrik ini sangat baik dan bisa digunakan 0.6 - 1.2 kV. Selain digunakan untuk saluran listrik dalam ruangan, jenis kabel ini juga dapat diinstal untuk keperluan luar ruangan. Cocok digunakan untuk kebutuhan industri dan kegiatan produksi. Jenis kabel ini juga cocok untuk saluran listrik dalam tanah.

Jenis Kabel NYAF

jenis kabel listrik NYAF
Bahan isolator kabel ini terbuat dari bahan PVC, dengan konduktor tembaga berbentuk serabut. Sehingga struktur kabel mudah dibentuk dan fleksibel. Kabel ini cocok untuk instalasi jaringan listrik di rumah dengan tegangan 300 - 500 V.

Kabel NYMHY

jenis kabel listrik NYMHY
Adalah jenis kabel listri yang dapat digunakan didalam tanah, karena strukturnya yang fleksibel. Dibuat dari bahan isolator PVC terekstruksi dengan bahan konduktor kawat serabut bertegangan antara 300 - 500 V.

Kabel Listrik NYYHY

Jenis Kabel Listrik NYYHY
Adalah jenis kabel listrik bertegangan rendah, antara 450 - 750 V. Kabel ini memiliki bahan konduktro berbentuk serabut. Dengan bahan isolator PVC terekstruksi (bagian utama dan bagian rangkaian kabel). Cocok untuk kebutuhan industri yang terintegrasi dengan mesin  produksi dan sebagainya.

Jenis NFA2X

jenis kabel listrik NFA2X
Merupaka jenis kabel dengan bahan konduktor terbuat dari aluminum yang dipilin. Bagian isolator terbuat dari bahan XLPE. Kabel ini cocok untuk saluran tegangan listrik bersekala rendah, atau 0.6 - 1 (1.2) kV.

Jenis Kabel Listrik NFA2X-T


jenis kabel listrik NFA2X-T
Adalah jenis kabel listrik yang memiliki karakter hampir sama dengan jenis NFA2X, yang bahan konduktrnya terbuat dari bahan aluminium. Sementara itu, bahan isolator menggunakan bahan XLPE. Perbedaan antara kedua kabel ini terletak pada bagian inti netral. Cocok untuk jaringan listrik tegangan rendah 0.6 - 1 (1.2) kV.

Baca : Jenis-jenis Isolator Kabel Listrik

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jenis-jenis Bahan Isolator Kabel Listrik

Seperti bagian konduktor, bagian isolator kabel listrik adalah elemen paling penting dalam menyalurkan listrik. Dan tahukah Anda ada beberapa bahan yang kerap digunakan? Mengutip dari Wikipedia, Isolator adalah bahan yang tidak dapat atau sulit menyalurkan muatan listrik. Dalam penggunaannya, isolator kabel listrik berfungsi menjaga arus listrik yang dialirkan bahan konduktor agar tidak keluar (jalur). Banyak bahan Isolator yang bisa kita jumpai di sekitar. Seperti kaca, kertas, plastik, teflon dan kayu. Namun untuk produk kabel listrik bahan thermoplastik dan thermosetting kerap digunakan. Penggunaan bahan sering berhubungan dengan kebutuhan saluran arus listrik. Biasanya untuk arus listrik bertegangan tinggi atau memiliki suhu tinggi dibutuhkan selongsong atau bahan isolator tertentu. Nah untuk mengenalinya, berikut beberapa bahan isolator yang sering digunakan untuk kebutuhan pembungkus bagian konduktor kabel : Baca : Kabel Listrik Adalah Selongsong Kabel dari